Jelaskan Tentang Penyandang Disabilitas Kepada Anak Dengan Cara-Cara Ini

April 17, 2019

Kamu pasti sering melihat para penyandang disabilitas di tempat umum. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli dengan keberadaan mereka dan lebih memilih untuk menjauh atau bahkan meninggalkan mereka. Padahal, kepedulian kepada para penyandang disabilitas harus dimengerti oleh semua orang. Inilah pentingnya mengajarkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas. Kamu harus bisa mengajarkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas sejak dini kepada anak-anak situs berikut.

Jika kamu mengajarkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas kepada anak kamu sejak dini, maka ia akan menyadari pentingnya hal tersebut. Anak-anak juga akan memiliki sikap yang baik kepada para penyandang disabilitas. Ini beberapa cara agar kamu bisa mengajarkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas kepada anak-anak.

1. Para penyandang disabilitas memiliki kekurangan dan itu bukanlah hal yang harus dijauhi
Mudah bagi kita untuk merasa tidak nyaman di sekitar orang atau situasi yang “berbeda.” Seringkali kita berpikir lebih baik berpura-pura bahwa perbedaan itu tidak ada.
Kamu harus mengajarkan kepada anak bahwa ada beberapa orang yang memiliki perbedaan dengan orang lainnya. Beberapa orang itu juga tidak bisa melakukan semua kegiatan sendiri. Biasakan kepada anak untuk menolong para penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan.

2. Orang yang memiliki kekurangan sama dengan semua orang
Bicara tentang hal-hal yang dimiliki oleh orang yang memiliki kekurangan: Apakah mereka memiliki mata? Rambut? Tangan? Bagaimana dengan hal-hal yang belum tentu Anda lihat? Semua kekurangan yang dimiliki oleh para penyandang disabilitas harus dimengerti oleh semua orang. Kamu harus mengajarkan kepada anak kamu bahwa perbedaan itu adalah hal yang wajar dan semua kekurangan mereka bukanlah hambatan atau sesuatu yang harus dijauhi. Para penyandang disabilitas juga sama dengan semua orang. Mereka juga ingin dihargai.

3. Mereka yang memiliki kekurangan bukanlah orang yang sakit
Terkadang sulit untuk menghasilkan kosakata yang tepat untuk memberi tahu anak-anak Anda tentang kebutuhan khusus. Kamu tidak boleh menggunakan kata “sakit” dan “cacar”. Beberapa orang dilahirkan dengan kebutuhan khusus, dan kecacatan lainnya terjadi sebagai akibat dari kecelakaan atau penyakit. Namun, kecacatan itu sendiri bukanlah penyakit atau sesuatu yang buruk.

Eula G. Snow

About the Author

Eula G. Snow